Sunday, 29 September 2019
Kelemahan motor satria F 150
Kelemahan Satria FU – Siapa yang tidak kenal dengan motor ini, semua kalangan pasti sangat hafal dengan kuda besi yang satu ini. Motor besutan Suzuki ini nyatanya menjadi salah satu produk motor paling diminati di Indonesia. Bagaimana tidak motor berjenis Ayago ini akan sangat mudah kita temui dari kota hingga pelosok desa. Motor ini juga menjadi icon tersendiri bagi anak muda penggila motor.
Namun kali ini kita tidak membahas bagaimana motor ini sukses membius konsumen tanah air, namun kita akan membahas berbagai penyebab kerusakan serta kelemahan satria FU dan cara mengatasinya.
Permasalahan yang akan kita bahas dibawah, berasal dari keluhan pemilik Satria FU dari berbagai tahun khususnya ditahun 2010 sampai 2014 yang bisa dibilang laris manisnya Satria.
Masalah-masalah ini memang terdengar sepele dan sering dijumpai pula di motor-motor lain. Tapi penyebabnya pasti berbeda-beda, nah inilah yang akan kita paparkan pada ulasan dibawah.
Ada beberapa kerusakan pada satria Fu, salah satunya adalah mesin brebet di RPM rendah. Penyakit ini hampir kita temui pada tiap generasi satria Fu.
Baca Juga Boss,
Masalah Engine Brebet pada Vixion
Mengatasi Mesin Brebet Di Putaran Tinggi
Lantas bagaimana cara mengatasi kerusakan ini ? dan apa saja kerusakan lain yang sering dikeluhkan pengguna motor ini ? simak terus artikel ini sampai tuntas.
Berbagai Kelemahan Pada Satria FU
Kerusakan pada sepeda motor adalah hal yang wajar, khususnya ketika motor tersebut sudah digunakan melampaui batas pakainya. Namun pada beberapa kasus akan kita temui permasalahan yang seharusnya tidak ditemui, apalagi kondisi motor masih baru. Hal ini dapat saja terjadi karena ketidaksesuaian setelan pabrik ataupun permasalahan kualitas material komponen. Pada Suzuki Satria F 150 akan kita temui kelemahan seperti berikut
1. Mesin Brebet pada RPM rendah
Keluhan pertama yang sering dijumpai pada FU adalah mesin yang brebet di RPM rendah. Kondisi ini sangatlah mengganggu khususnya ketika saat berada pada jam macet. Mesin akan telat merespon pembukaan gas, akhirnya suara brebet pada mesin akan muncul sebeum akhirnya mesin itu mati.
Biasanya hal ini diakibatkan oleh settingan karburator yang kurang tepat. Menurut Muhammad Amin, pemilik bengkel SAM Motor di kawasan Tebet membeberkan bahwa ukuran pilot jet pada FU adalah 12,5. Tentu terlalu kecil untuk motor sekelas 150 cc yang memiliki venturi karburator 26.
Untuk mengatasinya kita hanya perlu mengganti pilot jet dengan ukuran lebih besar, biasanya mencapat ukuran 15.
Namun harus yang ori karena ketika dimensi pilot jet kurang presisi pada karburator maka akan menyusahkan setingan karburator.
Penyebab mesin brebet lainnya bisa berasal dari busi yang sudah tidak standar. Elektroda busi yang lemah akan menghambat proses pembakaran, sehingga mesin akan mengalami gejala brebet.
Solusinya cukup dengan mengganti busi FU dengan yang baru.
2. Mesin Susah Dihidupkan
Masalah lain yang cukup mengganggu pada Fu yaitu ketika mesin susah dihidupkan. Biasanya kondisi ini muncul ketika selesai berurusan dengan air, entah selesai dicuci ataupun karena hujan/banjir.
Gejalanya mesin akan brebet sebelum akhirnya mati, dan saat dihidupkan kembali akan sangat sulit.
Kelemahan ini dapat terjadi karena ada percikan air masuk kedalam ruang mesin. Air dapat masuk melalui lubang busi. Mengingat posisi busi Fu yang tegak membuat lubang ini sangat rentan tergenang air.
Namun sebenarnya mesin satria Fu sudah memiliki sistem yang dapat membuang air dari dalam mesin. Hal ini dapat kita lihat dari lubang yang terletak tepat dibawah exhaust manifold.
Hanya saja. karena lubang ini terletak menghadap roda depan, maka rentan terhadap cipratan lumpur yang akan menutup lubang ini. Sehingga keberadaan lubang ini akan sia-sia.
Sebagai solusi atas kekurangan ini, cobalah untuk mengecek lubang pembuangan ini menggunakan lidi atau sedotan.
Advertisement
Jika lubang sudah terbuka biasanya air akan mengucur dan mesin dapat kembali dihid
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fungsi dan cara kerja sensor CKP
Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...
-
Andri race oto.com Cara membuat motor rx king lebih kencang dan tarikanya lebih mantap - Mempunyai motor yamaha rx king memang sangat me...
-
Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga disebut sebagai motor jambret. Karen...
-
Kekurangan Satria Fu 150 Injeksi – Jika di waktu yang sebelumnya, kami selalu membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor sport 150 je...
No comments:
Post a Comment