Tuesday, 29 October 2019
4 cara mengatasi mesin satria FU kasar
Mesin Satria Kasar - Suara mesin yang berisik bukan hanya mengganggu kita sebagai pengendara, tapi juga bisa mengganggu pengendara lain. Apalagi ini terjadi pada Ayago yang khas seperti Satria FU, pasti nama besar FU akan tercoreng. (orang yang melihatnya akan berkata "motornya bagus kok mesinya klotok-klotok")
Biasanya gejala mesin kasar ini muncul pada segala RPM, namun beberapa motor akan terasa saat menyentuh RPM 7000 keatas. Hal itu bukan tanpa alasan, semakin tinggi putaran mesin semakin cepat pula komponen mesin berinteraksi (saling bergesekan). Sehingga suara yang dihasilkan juga menjadi lebih keras.
Tapi, didalam mesin sudah disediakan sistem pelumas yang akan melumasi semua komponen mesin agar gesekan yang terjadi tidak menimbulkan friksi atau bunyi gesekan. Namun tetap saja ada mesin yang masih mengeluarkan suara kasar meski olinya baru diganti.
Lantas mengapa bisa demikian ? diartikel ini kita akan membahas beberapa penyebab yang bisa memunculkan masalah mesin berisik beserta cata menangani, simak ulasannya dibawah.
Penyebab Mesin Suzuki Satria Kasar
Ada banyak hal yang menyebabkan suara mesin kasar, hal itu disebabkan karena komponen mesin terbuat dari material logam. Pada Suzuki Satria, beberapa pemilik mendeteksi masalah suara kasar muncul dari hal-hal berikut.
1. Rantai Timing Yang Molor
Rantai timing atau sering pula disebut dengan rantai keteng adalah suatu tali baja yang menghubungkan poros engkol dan poros nok. Fungsinya agar katup bisa membuka dan menutup dengan pas. Yang namanya rantai berbahan besi, pasti memiliki daya renggang apalagi jika terkena panas secara berkala.
Hal itulah yang menyebabkan rantai berangsur mengalami pemuaian. Pemuaian ini tidak hanya membuat pembukaan katup sedikit terganggu namun juga membuat suaranya berisik.
Lihat saja pada rantai roda motor anda, kalau molor pasti suaranya menjadi nggak karuan. Ini juga berlaku pada rantai keteng mesin.
Tapi kan rantai keteng itu terletak didalam mesin, bentuknya kecil pula, mengapa bisa terdengar bunyinya ?
Memang benar, rantai timming memang memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan rantai roda. Tapi putaran mesin itu bisa mencapai 5.000 RPM saat panas sehingga pantas saja suaranya bisa terdengar keluar.
Masalah ini sebenarnya bosa diatasi dengan mengganti tensioner chain dengan tipe manual. Perbedaanya, pada tipe manual kita bisa menyetel tingkat ketegangan rantai, sementara pada tensioner standar sudah diset secara otomatis melalui mekanisme pegas. Namun penggantian tensioner tipe manual akan berakibat pada rantai juga jika penyetelan salah. Imbasnya rantai bisa putus.
Cara lain yakni dengan menggati rantai mesin baru, cara ini lebih aman dari pada melakukan modifikasi tensioner manual.
Penggantian rantai keteng bisa dibilang pekerjaan yang rumit karena akan berusuran dengan top mesin. Apa itu top mesin ? Posisi Top adalah posisi dimana piston berada pada sudut 0 derajat di langkah kompresi. Hal itu membuat keempat katup dalam posisi terbebas. Untuk langkah penggantian secara detail bisa simak pada artikel cara ganti rantai keteng satria.
Secara singkat, langkah penggatian rantai timming satria fu adalah sebagai berikut.
Advertisement
Buka cover poros engkol dan cover timming gear bagian atas.
Posisikan pada TOP dengan mencocokan coakan pada gear engkol dan gear noken dengan coakan pada blok mesin.
Jika posisi piston sudah TOP, maka lanjut dengan melepas cover gear engkol untuk memudahkan melepas rangkaian roda gigi timing.
Selanjutnya, anda perlu melepas gear engkol dan tensioner rantai untuk melepaskan rantai dari rumahnya.
Untuk memasang, pastikan rantai sudah bertautan pada kedua roda gigi dengan sudut yang tepat, barulah memasang gear engkol dibagian bawah.
Lanjutkan untuk mengencangkan tensioner untuk meregangkan timming chain.
Terakhir lakukan pemasangan seluruh cover engine yang dilepas.
2. Katup Mesin Mulai Aus/Renggang
Suzuki Satria, sudah mengusung teknologi DOHC sehingga ada 4 buah katup didala
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fungsi dan cara kerja sensor CKP
Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...
-
Andri race oto.com Cara membuat motor rx king lebih kencang dan tarikanya lebih mantap - Mempunyai motor yamaha rx king memang sangat me...
-
Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga disebut sebagai motor jambret. Karen...
-
Kekurangan Satria Fu 150 Injeksi – Jika di waktu yang sebelumnya, kami selalu membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor sport 150 je...
No comments:
Post a Comment