Friday, 14 June 2019
cara memasang dan melepas rantai top
Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor – Pada dasarnya mesin sepeda motor dengan langkah torsi 4 tak telah menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol atau di sebut juga dengan kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder, akan tetapi ada juga yang memakai push rod, seperti motor Honda CG. Maka pemasakan rantai keteng ini harus benar – benar di perhatikan. Nah pada informasi kali ini kami akan membagikan cara untuk memasang dan melepas rantai keteng.
1.Cara Melepas Rantai Keteng Pada Sepeda Motor
Cara pertama yang harus anda lakukan yaitu mesin harus di topkan terlebih dahulu, nah bagi anda yang ingin tau bagai mana caranya anda bisa lihat di bawah ini. Akan tetapi anda hrus memutar magnet kekiri sebanyak dua putaran, Nah, untuk memudahkan anda melihat tanda top yang ahrus anda buka yaitu
Pertama buka terlebih dahulu tutup tanda top pada bak magnet, tulisan T pada magnett harus sejajar dengan garis atau coakan pada bak magnet.
Setelah itu buka tutup gigi atau yang di sebut dengan gear timing pada kop silinder, tanda titik pada gear harus sejajar dnegan coakan pada kop silinder.
Langkah selanjutnya yaitu buka tutup klep. Pada posisi top kedua roker arm/temlar harus netral dan tidak menekan klep.
Nah, untuk lebih meyakinkan lagi, anda harus membuka busi dan cek apakah piston berada di atas TMA, pada keberadaan top piston harus berada di TMA (titik mati atas).
Jika anda yakin mesin dalam keadaan posisi top, barulah anda lepas bak magnet, magnet, gear starter dan juga komponen lain yang berada pada bagian bak magnet.
Setelah itu anda lepas baut gear timing pada kop silinder, dan lepas penekan rantai keteng/otomatis timing. Nah barulah anda bisa melepas rantai keteng.
2.Cara Memasang Rantai Keteng Pada Sepeda Motor
Untuk langkah memasang rantai keteng pertama yang harus anda perhatikan yaitu pada posisi top mesin tidak berubah. Setelah pemasangan rantai keteng selesai, langkah selanjutnya anda cek setelan klep dan jika perlu anda setel klep. Untuk pemasangan rantai keteng yang tidak pas atau tidak rekomended pada Top nya masin akan susah di hidupkan, kalaupun bisa hidup mesin akan berebet alias tidak normal.
Yang paranhnya lagi klep akan mengalami bengkok. Maka dari itu pada langkah atau proses pemasangan rantai keteng ini harus teliti. Jika hal tersebut terjadi anda harus mengeluarkan uang untuk membeli klep yang baru dan membayar ongkos pada mekanik bengkel. Nah maka dari itu pemasangan rantai keteng harus benar – benar di perhatikan, jangan sampai anda memasangnya dengan asal – asalan.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuka dan melepas rantai keteng pada mesin sepeda motor. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
CARA SETEL KLEP YANG BENAR
Terkadang kita risih bila mesin motor kita berisik.
Kali ini saya mu sher cara setel klep yang benar.
Yg sebelum nya sayah share cara mengetop kan rantai keteng.
Sebelum kita lanjut,kita sediain dulu buat ngerumpi ( ngeroko sambil ngopi ) maksud nya 😲 .
Lanjut ketopik.
Ada beberapa tahap cara biar klep tidak berisik.
Dingin kan dulu mesin motor hingga benar2 dingin. Karna kalo setel klep dalam ke adaan mesin belum benar2 dingin ujung nya pasti kan tetap berisik,karna kalo setel nya dalam keadaan belum bener2 dingin,mesin masih memuay,akibat nya bisa terjadinya slek pada baut klep atau pada drat platuk kelep nya. Kalo drat pelatuk klep mau gk mau harus turun head ganti pelatuk yg baru.
Buka kedua tutup klep,buka tutup timming/rantai keteng dan buka kedua penutup setelan timming yg berada di blok sepul.
Buka busi -> supaya memudahkan saat mencari top.
Sedia kan kunci kelep dan lunci 8-9 ring,kunci T yg sesuai degan baut sepul dan puler bila punya.
Seduh dulu kopi dan nyalakan rokok.udut dulu biar santai coeg... Soal nya kalo gk punya puler agak sedikit pusing setel nya.harus dengan sabar dan menggunakan insting.
saat nya mencari 3 titik top.1 titik sepul,2 titik timming/gear rantai keteng,3 titik ranta
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fungsi dan cara kerja sensor CKP
Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...
-
Andri race oto.com Cara membuat motor rx king lebih kencang dan tarikanya lebih mantap - Mempunyai motor yamaha rx king memang sangat me...
-
Kekurangan Satria Fu 150 Injeksi – Jika di waktu yang sebelumnya, kami selalu membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor sport 150 je...
-
Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga disebut sebagai motor jambret. Karen...
No comments:
Post a Comment