Friday, 14 June 2019

cara mencari top kompresi stel klep 4stroke


 4-tak dalam perawatan rutin perlu melakukan penyetelan klep. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi kerenggangan celah katup kembali ke seperti standar. Sehingga diharapkan kinerja mesin akan kembali maksimal.

Ada yang perlu diperhatikan penyetelan klep. Langkah yang harus dilakukan sebelumnya yaitu seting piston pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Tidak hanya itu, syarat yang lain yang perlu dilakukan adalah posisi katup dalam kondisi bebas, pelatuk tidak sedang menekan klep. Sehingga bisa disetel kerenggangannya.
Jangan lupa, posisi piston pada TMA atau kondisi dimana piston berada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama top kompresi, dimana top ini terjadi setelah akhir langkah isap. Yang kedua adalah top buang dimana posisi piston di atas setelah akhir langkah buang.

Nah, untuk melakukan penyetelan klep, posisi piston harus berada pada top kompresi. “Untuk mencari posisi tersebut harus menyesuaikan tanda T yang ada pada magnet dengan tanda yang ada di blok, dan juga tanda yang ada pada timing gear dengan tanda yang ada pada kepala silinder,” buka Agus Wahyudi dari VEDC Malang.

Biasanya untuk mencari posisi tersebut kita harus melepas tutup timing gir keteng lebih dulu. Sehingga akan terlihat tanda yang ada pada timing gir.

No comments:

Post a Comment

Fungsi dan cara kerja sensor CKP

Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...