Saturday, 9 November 2019
cara setting Rx king agar akselerasinya kencang
Cara setting mesin RX King agar akselerasinya lebih garang
Yamaha RX King adalah legenda didunia motor 2-tak. Motor ini pernah berjaya dijalanan dan bahkan sampai saat ini belum ada yang mampu menandingi akselerasi motor jambret ini dikelasnya.
RX King memiliki konstruksi yang sangat baik, serta memiliki kekutan pada tarikannya yang sangat garang, apalagi setelah dilakukan beberapa settingan pada mesinnya.
Ada banyak cara untuk membuat RX King menjadi lebih gagah dan garang, dari mulai setting pada pengapian, karburator, mesin sampai pada saluran pembuangannya (knalpot).
Berikut ini settingan RX King untuk meningkatkan performanya:
• Silinder kop/Kepala silinder
Yang perlu dikorek pertama kali adalah bagian silinder kop/kepala silinder. Tujuannya untuk mendongkrak rasio kompresi, agar pemampatan pembakaran lebih padat tapi tidak ekstrim sehingga akselerasinya lebih responsif.
Caranya:
Dengan mengurangi ketebalan kubah silinder kop/kepala silinder dengan cara dibubut. Pangkas bagian kubah kepala silindernya sekitar 1 sampai 1,5 mm agar nantinya kompresi bahan bakar dan udaranya lebih padat.
Bentuk kubah dikembalikan lagi seperti bentuk standarnya dengan diameter kubah 58 mm, termasuk lebar squis 12 mm, nat 0,5 mm dan derajat kemiringan squish areanya 14 derajat.
Untuk urusan ini tukang bubut yang sudah terbiasa menerima jasa untuk bubut mesin korekan pasti sudah paham.
• Blok silinder
Kunci agar mesin 2-tak memiliki performa yang mumpuni adalah pada lubang-lubang pada bagian silinder bloknya. Pada bagian ini terdapat lubang transfer, exhaust dan lubang buang.
Khusus untuk blok silinder RX King generasi awal diberi kode produksi Y (Y-1 sampai Y-4), sedangkan RX King generasi terbaru diberi kode YP (YP-1 sampai YP-4). Diameter lubang transfer dan buang blok silinder dengan kode Y lebih besar dari blok silinder dengan kode YP.
Untuk meningkatkan performa RX King yang menggunakan blok silinder dengan kode Y, cukup dengan menghaluskan lubang transfernya atau menghilangkan pori-pori/kulit jeruknya saja. Berbeda dengan blok silinder dengan kode YP yang harus dikikis/dilebarkan sekitar 1 mm karena ukuran lubangnya memang lebih kecil.
Untuk memperlancar aliran gas buang ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:
• Cara pertama dengan memperlebar lubangnya ke samping kanan dan kiri. Tapi cara ini cukup beresiko, karena jika terlalu lebar, ring piston bisa tersangkut pada bibir lubang buang yang dapat menyebabkan ring patah.
• Cara kedua dengan mengikis dinding lubang buang bagian atasnya, atau mengurangi tinggi lubangnya. Cara ini lebih aman dari cara yang pertama.
Untuk blok silinder dengan kode Y bisa dipapas sekitar 1 mm, sedangkan blok silinder dengan kode YP dipapas sekitar 2 mm. Jika lebih dari itu torsinya akan bergeser ke putaran tinggi, sehingga sulit dibawa pada putaran rendah dan harus selalu pada rpm tinggi.
Pemapasan lubang-lubang pada blok silinder juga jangan asal-asalan, usahakan bentuk lubangnya jangan diubah dan buat agar bentuknya tetap standar bawaan motor yaitu elips.
• Knalpot
Pada mesin 2-tak fungsi dari knalpot sangat penting dalam menunjang performanya, karena hampir 30% tenaga dari mesin 2-tak dipengaruhi oleh peran knalpot.
Untuk meningkatkan performa mesin RX King, disarankan menggunakan knalpot model 3V3 (knalpot telo) yang dulu pernah tenar di arena drag. Model knalpot ini juga pernah tenar di GP250 pada akhir tahun 80-an dengan pipa perut dan silencernya tanpa sambungan.
Dimensi knalpot telo lebih pendek dari kenalpot racing pada umumnya. Karena itulah knalpot model ini cenderung lebih mengutamakan akselerasi.
Dipasaran tersedia banyak merk knalpot telo, dari mulai priduksi pabrikan knalpot ternama hingga buatan pengrajin rumahan. Harganya berkisar antara 200-250 ribu.
• Karburator dan katup buluh
Selain mesin dan saluran pembuangan, bagian penyuplai bahan bakar juga harus dimaksimalkan. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian pada reedvalve (membran/katup buluh) dan juga karburatornya.
Untuk RX King ya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fungsi dan cara kerja sensor CKP
Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...
-
Andri race oto.com Cara membuat motor rx king lebih kencang dan tarikanya lebih mantap - Mempunyai motor yamaha rx king memang sangat me...
-
Cara Stel Langsam RX King Biar Bertenaga Dan Irit Motor RX King adalah motor gahar yang biasa juga disebut sebagai motor jambret. Karen...
-
Kekurangan Satria Fu 150 Injeksi – Jika di waktu yang sebelumnya, kami selalu membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor sport 150 je...
No comments:
Post a Comment