Monday, 16 December 2019
fungsi bosch pump
BOSCH PUMP
BOSCH PUMP
A. BOSCH PUMPadalah suatu alat kelengkapan pada mesin diesel yang tugasnya menekan bahan bakar solar dari tangki ke nozzle untuk dikabutkan di ruang bakar.
B. Fungsi pompa injeksi bahan bakarPompa injeksi bahan bakar (Fuel Injection Pump) berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke ruang bakar melalui nozzle dengan tekanan tinggi (max 300 kg/cm2). Bahan bakar yang diinjeksikan dengan tekanan tinggi tersebut akan membentuk kabut dengan partikel-partikel bahan bakar yang sangat halus sehingga mudah bercampur dengan udara.
C. Jenis Pompa injeksi Bahan BakarPompa injeksi bahan bakar motor diesel secara garis besar dapat dibagimenjadi dua klasifikasi yaitu sebagai berikut:
1. Pompa Injeksi Tipe In-line
Pompa injeksi tipe In-line, mempunyai jumlah mekanisme kompresi bahanbakar yang sama dengan jumlah silinder, pompa injeksi segaris bekerja sesuaidengan urutan injeksi yang ditentukan camshaft.
a. Komponen dan fungsi pompa
(1) unit pompa, terdiri dari kompresibahan bakar (mekanisme supply), mekanisme pengatur volume injeksi, camshaftuntuk menggerakkan mekanisme-mekanisme tersebut, unit pompa mempuyaifungi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan ke setiap silinder sesuai urutaninjeksi;
(2) governor, terhubung ke mekanisme pengatur volume injeksi dari unitpompa, governor berfungsi untuk mengatur volume injeksi bahan bakar sesuaidengan beban mesin secara otomatis, juga mengatur kecepatan mesin sesuaikeinginan pengemudi;
(3) timer, berfungsi untuk mengatur timing injeksi bahanbakar sesuai dengan kecepatan mesin untuk mendapatkan kondisi pembakaranyang paling optimal. Timer terletak diantara camshaft unit pompa dan drive shaftatau drive gear mesin;
(4) feed pump, terletak pada unit pompa dan digerakkanoleh camshaft, feed pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangkibahan bakar ke pompa injeksi.
b. Cara Kerja Pompa Injeksi Tipe in line
Prinsip kerja pumpa in line memanfaatkan tonjolan pada camshaft yang menekan pluger secara tiba tiba sementara cam di atur oleh timming hain yang terhubug dengan poros engkol
(1) pada titik mati bawah plunger bahanbakar mengalir ke silinder melalui lubang masuk dari ruang bahan bakar;
(2) seiring putaran camshaft, plunger akan bergerak ke depan, ketika bagian atasplunger mencapai bagian atas lubang masuk, plunger akan menutup lubangmasuk, kemudian memberikan tekanan pada bahan bakar;
(3) saat plunger terusbergerak ke depan, bahan bakar bertekanan pada silinder akan menekan deliveryvalve ke atas kemudian mengalir ke luar melalui pipa injeksi ke nozzle;
(4) ketika bagian atas alur control menyentuh bagian bawah lubang masuk, prosespemompaan bahan bakar berhenti;
5) seiring gerak maju plunger semakin jauh kedepan, sisa bahan bakar pada silinder akan mengalir kembali melalui lubang dibagian atas plunger dan mengalir ke luar melalui alur control dan lubang masukke ruang bahan bakar.
2. Pompa Injeksi Tipe Distributor
Pompa injeksi tipe distributor (pompa VE) hanya mempunyai satumekanisme kompresi bahan bakar, distributor pompa injeksi memiliki mekanismedistribusi bahan bakar yang akan mendistribusikan bahan bakar bertekanan ke tiapsilinder sesuai dengan urutan injeksi
a. Fungsi Komponen Utama Pompa Injeksi Tipe Distributor (VE)
1) Pompa penyalur (feed pump) : Berfungsi untuk menghisap bahanbakar dari tangki dan menekannya ke dalam ruang pompa injeksi.
2) Katup pengatur tekanan : Berfungsi untuk membatasi tekananmaksimum bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa penyalur kedalam ruang pompa sesuai dengan putaran mesin.
3) Katup kelebihan aliran bahan bakar (over flow valve) : Berfungsiuntuk mengembalikan kelebihan bahan bakar yang berada di ruangpompa untuk dikembalikan ke tangki bahan bakar.
4) Spunger : Befungsi untuk mempertahankan tekanan bahan bakar didalam ruang pompa karena lubang pembuangan kecil, mengaturpembuangan udara secara otomatis, dan mengatur aliran
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Fungsi dan cara kerja sensor CKP
Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...
-
Andri race oto.com Cara membuat motor rx king lebih kencang dan tarikanya lebih mantap - Mempunyai motor yamaha rx king memang sangat me...
-
Ketika sepeda motor terasa tidak ada tenaga, gas dibejek dalam namun terasa ngempos. Ini tanda-tanda kompresi pada mesin mengalami kebocora...
-
Perawatan motor 2-tak memang terbilang lebih ringan dibandingkan motor jenis 4-tak. Servis yang biasa dilakukan umumnya bersihkan cylinder...
No comments:
Post a Comment