Monday, 16 December 2019

fungsi Radiator pada mobil


Fungsi Radiator Pada Mobil Terlengkap Beserta Penjelasannya
Salah satu dari beberapa sistem yang ada di mobil adalah sistem pendinginan. Sesuai namanya, sistem ini bertujuan untuk mendinginkan suhu mesin mobil yang meninggi. Dengan kata lain menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Selain melalui radiator, anda bisa menggunakan cara menjaga kestabilan suhu mobil. Di dunia otomotif, sistem pendingin ada tiga macam yaitu sistem pendingin dengan oli, sistem pendingin dengan udara dan sistem pendingin dengan air. Umumnya, sistem pendingin dengan air digunakan cukup banyak oleh mobil masa kini. Salah satu komponen yang berperan penting dari sistem pendingin adalah radiator.


Ketika membahas sistem pendingin, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas fungsi radiator pada mobil. Fungsi radiator pada mobil adalah untuk menurunkan suhu cairan pendingin ketika suhunya sedang tinggi setelah melewati water jacket. Berikut akan dibahas komponen dan cara kerja radiator yang saling berintegrasi untuk memaksimalkan fungsi radiator sebagai pendingin.
Komponen Penyusun Radiator
Komponen radiator sangatlah penting untuk mewujudkan fungsi radiator. Radiator di susun atas lima bagian. Yaitu upper tank, reservoir tank, radiator core, lower tank dan drain. Semuanya bekerja bersama-sama untuk mendinginkan mesin.
Upper tank biasanya berada di bagian atas radiator. Fungsinya sebagai jalan masuk dan menapung air pendingin sbelum masuk ke pusat radiator. Upper tank terdiri dari dua bagian yaitu tutup radiator dan saluran reservoir. Tutup radiator berguna untuk mengendalikan suhu air. Melalui tutup radiator jugalah anda bisa menuangkan air radiator. Saluran reservoir ini berguna untuk meneruskan air radiator ke reservoir tank jika pada cooling terjadi kelebihan tekanan.
Kedua yaitu pusat radiator. Seperti yang anda ketahui, pusat radiator terdiri dari beberapa pipa yang bentuknya pipih dan memanjang. Dengan desain pipih maka proses pelepasan panas akan terjadi secara cepat. Diameternya dibuat kecil agar memperlambat aliran air dari atas ke bawah supaya suhunya bisa didinginkan secara merata. Pipa-pipa ini menghubungkan antara upper tank hingga lower tank. Jumlahnya juga cukup banyak dan cukup untuk menampung air pendingin.  Ada tiga jenis pusat radiator yaitu corrugated fin type, plate fin type dan harrison type.

No comments:

Post a Comment

Fungsi dan cara kerja sensor CKP

Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...