Sunday, 1 December 2019

kuras radiator oil coller vario old 110


 nguras air radiator di vario lama. Seinget gw, menurut buku panduan, air radiator atau bahasa jawanya radiator coolant wajib dikuras tiap setahun sekali. Dan ini vario baru 2x nguras radiator  setelah menempuh 58.000km / jalan 7 tahun, jangan ditiru. Walaupun jarang dikuras, tapi coolant di reservoir tank selalu diposisi max lho gan :D.

Okeh langsung praktek ajah. Alat tempur :
– Coolant tentunya
– Kunci sok Y ukuran 8
– Kunci L ukuran 8
– Gunting / cutter
– Tie cable

Pertama2, buka ke-3 baut cover radiator pake kunci Y
Copot covernya, oh iyah cover ini terikat dengan selang (entah ini selang apa). Jadi potong dulu kabel dudukan selang dicover radiator. Nanti kita ganti pake tie cable.


Setelah cover berhasil dicopot, buka saluran pembuangan pake kunci L. Jangan lupa tutup atasnya juga dibuka, biar coolant-nya ngocor.
Biarkan coolant sampe abis.

Tips yg diajarin bokap gw, nyalain motor sambil reservior tank diisi terus pake aer keran (biar gampang pake selang gan). Maksudnya biar apa ? gak tau jg gan, cos dulu diajarinnya ya begitu :P. Mungkin sekalian nguras coolant yg tersisa di head silinder kali yah (cmiiw). Kapan-kapan gw tanya deh ke bokap. WARNING : JANGAN LAMA-LAMA MELAKUKAN INI, KARENA BISA OVERHEAT.



Setelah dirasa sudah abis, tutup lagi lubang pembuangan trus isi coolant baru. Isi sampe penuh, DIAMKAN, nanti coolant-nya nyusut lagi, ULANGI sampe coolant udh gak nyusut.
Setelah itu pasang penutupnya. Langkah terakhir, isi reservior tank, sampe sebatas leher bawah. Klo ngisinya bener, seharusnya satu botol 500Ml coolant cukup dan pas untuk ngisi radiator beserta reservior tank-nya.
Paling terakhir sekali, jangan lupa pasang lagi cover radiatornya :D.

Okeh gan, semoga berguna. dan mohon koreksi klo ada yg salah.

No comments:

Post a Comment

Fungsi dan cara kerja sensor CKP

Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...