Monday, 16 December 2019

fungsi dan cara kerja katup proporsioning pada rem mobil


Fungsi Dan Cara Kerja Katup Pengimbang Atau Proportioning Valve, Pada saat kita melakukan pengereman, Mobil dihentikan dengan adanya gesekan antara ban dan jalan. Gesekan ini akan bertambah sesuai dengan adanya pembagian beban pada ban. Biasanya kendaraan yang mesinnya terletak didepan, bagian depannya lebih berat dibandingkan dengan bagian belakangnya. Bila kendaraan direm, maka titik  pusat gravitasi akan pindah ke depan (bergerak maju) disebabkan adanya gaya inertia, dan adanya beban yang besar menyatu pada bagian depan.




Bila daya cengkram pengeremannya berlaku sama terhadap keempat rodanya, maka roda belakang akan cenderung terkunci  (menyebabkan slip antara ban dan permukaan jalan), hal ini disebabkan oleh adanya daya pengereman terlalu besar. Dengan terkuncinya roda belakang gesekan akan menurun dan roda belakang akan seperti ekor ikan (bergerak kekanan dan kekiri dan sukar terkontrol) Dan ini sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang kendaraan. Oleh karena itu diperlukanlah katup pengimbang (propotional valve) sebagai alat pembagi tenaga sehingga dapat memberikan pengereman yang lebih besar untuk roda depan dari pada roda belakang. Alat ini bekerja secara otomatis menurunkan tekanan hidrolis pada silinder roda belakang sehingga daya pengereman pada roda belakang akan berkurang.

No comments:

Post a Comment

Fungsi dan cara kerja sensor CKP

Fungsi dan Cara kerja CKP Dan CMP Sensor Pada Sistem Injeksi,- CKP dan CMP sensor merupakan 2 sensor yang sangat penting pada sistem injeksi...